Thursday 12 December 2013

Shopaholic & Baby by Sophie Kinsella


Judul: Shopaholic & Baby
Penulis: Sophie Kinsella
Tebal: 358 halaman
Penerbit: The Dial Press
Chick Lit/ Humor
Published February 27th 2007


Danny’s still staring at my stomach. “What if it’s a girl in there? Another little Becky Bloomwood. You better get back to the office, Luke, and earn some money. You’re gonna need it.”
Betapa pun saya jengkel sama Rebecca Brandon (née Bloomwood), tidak bisa dipungkiri saya akan kembali dan kembali lagi baca seri ini. Oh, ini semacam candu bagi saya. Apalagi Becky dan Luke sedang menanti-nanti kelahiran bayi mereka!

Semua masalah bermula ketika Becky ingin mengganti dokter kandungannya yang awalnya pria tua, membosankan, tapi berpengalaman (Dr. Braine bahkan mengangani kelahiran Luke dulu) kepada Venetia Carter, dokter kandungan para selebritis dan supermodel. Sulit sekali ndusel antrian untuk menjadi pasien Venetia, but she always find the way!!

Venetia, yang ternyata sangat cantik dan modis (dan pintar dan sukses, kalau boleh ditambahkan) ternyata adalah mantan pacar Luke dan teman kuliahnya sewaktu di Cambridge. Sangat sulit bagi Becky untuk tidak insecure, karena Luke yang awalnya jengkel berat ketika harus melepas Dr. Braine, tiba-tiba menjadi bersemangat dengan keputusan mereka. Luke pun jadi sering ikut  reuni bersama teman-teman kuliahnya dan sering senyum-senyum sendiri ketika mengirim/menerima SMS. Dan sayang sekali ketika Becky mengintip SMSnya…. pesan mereka terbungkus kode berbahasa Latin.


Dan yang bikin saya sedih adalah… Luke menyempatkan waktu untuk teman-temannya, tapi dia tidak bisa menemani Becky membeli perlengkapan untuk bayi mereka. Hanya sekali, itu pun nggak bisa dibilang sukses. Men, dua orang itu nggak pernah berubah. Yang satu tetep gila belanja, yang satu gila kerja.

I feel a sudden pang, deep inside. I want to try out prams with Luke. I want to go as a couple, and push prams around and for Luke to kiss me like that.

Untungnya masih ada sahabat dan keluarga yang mendukung dan mensupport Becky. Di seri ini, banyak sekali tokoh-tokoh favorit saya yang muncul kembali. Semisal Suze, di Shopaholic & Sister, kemunculannya sedikit sekali. Dan Danny!!! Oh saya suka banget sama dia, apalagi sekarang dia sudah jadi desainer terkenal sejak merancang gaun pengantin Becky. I love his “SHE’S a RED-HAiRED BiTCH and I HATE HER” T-shirt, I can’t stop laughing :)))) He showed his support in his own way. Dan bajunya lariiis boooook :))))

Kalau soal gaya penulisan, nggak usah ditanya lagi. Sophie Kinsella memang penulis chicklit senior dan mayoritas dari karyanya merupakan bestseller, terutama serial Shopaholic ini. Dan seri ini adalah yang paling bikin saya ngakak. Mungkin karena akhir-akhir ini saya lagi stres dan kesepian, dan karena saya udah bertekad nggak baca buku sambil begadang, saya bangun tidur jam 3 pagi dan ngakak sampe subuh. Inikah yang mereka gaung-gaungkan tentang the right book at the right time itu?


Walaupun buku ini adalah seri ke-5, tapi sepertinya buat yang bacanya lompat-lompat nggak bakalan terlalu kewalahan mengikuti alurnya, karena di setiap buku berfokus sama masalahnya sendiri-sendiri, dan jarang mengungkit kisah pada buku-buku sebelumnya. Di buku ini, masalah utamanya adalah Becky yang kurang yakin apakah ia mampu menjadi seorang ibu, dan apakah Luke masih mencintainya ketika badannya membuncit dan jelek jika dibandingkan dengan Venetia yang stunning itu. Mungkin menurut kalian itu sikap yang kekanakan, tapi kalau kalian pernah dibanding-bandingkan sama orang yang udah jelas-jelas lebih bagus dari kalian.......... pait bet rasanya.


“Everyone keeps saying I’ll pick it up. But what if I don’t? I did algebra for three years, and I never picked that up.”

Bukannya bermaksud spoiler, tapi semakin lama, Luke jadi lebih romantis dan pengertian (oke jadi Luke memang selalu pengertian dari dulu, dia tau Becky gila belanja dan pura-pura tak acuh tiap ada bungkusan atau tagihan yang disumpelin seadanya di flat mereka). Terlepas dari benar atau tidaknya dia ada affair sama Venetia, dalam hati saya selalu percaya sama Luke. Dan saya nangis ketika Luke menceritakan bagaimana pertemuan dia sama Becky melalui sudut pandangnya sendiri. Kami para wanita diberkati intuisi super tajam untuk mendeteksi kalian, wahai pria-pria di luar sana!!


PS: I love the baby’s name :3





Madeleine Wickham (born 12 December 1969) is a bestselling British author under her pseudonym, Sophie Kinsella. Educated at New College, Oxford, she worked as a financial journalist before turning to fiction. She is best known for writing a popular series of chick-lit novels. The Shopaholic novels series focuses on the misadventures of Becky Bloomwood, a financial journalist who cannot manage her own finances. The books follows her life from when her credit card debt first become overwhelming ("The Secret Dreamworld of a Shopaholic") to the latest book on being married and having a child ("Shopaholic & Baby"). Throughout the entire series, her obsession with shopping and the complications that imparts on her life are central themes.

No comments:

Post a Comment