Wednesday 18 November 2020

Progress Membaca Bulan November 2020 (Sejauh Ini)

Rasanya aneh tidak menulis blogpost setelah sebelumnya cukup rajin "laporan" di sini. Mau gimana ya, kenyataannya memang belum ada buku yang saya tamatkan lagi. Jadi, sekarang saya mau cerita saja buku-buku yang lagi terbaca. Kondisinya memang belum pada tamat, jadi beberapa pendapat mungkin bisa berubah suatu hari nanti:


Special Subjects: Basic Color Theory adalah buku yang berkaitan dengan ilmu lukis yang pertama kali saya baca. Cukup membantu untuk memahami cara mencampur warna cat dari set yang saya miliki. Karena saya beli yang isi 12 dan kualitasnya memang tidak ditujukan untuk seniman profesional, perlu diutak-atik lagi biar warnanya bisa tampak tepat. Sejauh ini saya masih kesulitan menemukan gaya lukis yang “saya banget” dan masih belum berani pakai warna-warna cemerlang (cara mencampur warna semacam itu juga belum mahir). 

 

Untuk bukunya sendiri, sebenarnya sudah hampir tamat, tapi sudah tidak pernah dibaca lagi. Kalau suatu saat saya kembali membuka buku ini, mungkin bukan untuk baca ulang dari awal hingga akhir, tapi lebih ke memilih bagian-bagian bab tertentu yang informasinya saya perlukan. Cukup bagus buat pemula yang sedang belajar warna. 

 


I LOVE CLOUDS! Bahkan, salah satu tujuan yang tertulis di halaman depan watercolor sketchbook saya adalah menguasai cara melukis awan dan langit. Nggak bakal ada habisnya kalau bahas awan, mah. Dan melalui buku Painting Clouds and Skies in Oils, saya mendapatkan panduan yang cukup lengkap dalam melukis awan. Meskipun penulisnya menggunakan media cat minyak, saya bisa mempraktekkan dasar-dasar yang dijabarkan untuk media yang saya pakai, gouache. Penulis melampirkan lukisan-lukisan yang ia dan rekan-rekan pelukis lainnya buat. Dan di bawah lukisan tersebut, mereka menjelaskan proses dan warna cat yang dipakai. Perbedaan pendekatan melukis dari tiap-tiap karya memberikan banyak pencerahan bagi saya. Warna cat yang disebutkan juga sangat membantu untuk memvisualisasikan cara mencampur cat dan membuat saya lebih familiar dengan jenis-jenis warna yang ada. Senang memiliki dan membaca buku ini. 

 


Beberapa informasi dari buku Daily Painting yang ditulis Carol Marine cenderung repetitif, tapi pesan yang disampaikan tidak bisa dipungkiri benar: Melukis setiap hari pada kanvas kecil jauh lebih baik bagi kesehatan mental daripada melukis 1 kanvas besar yang butuh waktu berminggu-minggu. Khususnya bagi pemula yang sok perfeksionis tapi mudah menyerah macam saya, buku ini sangat menenangkan batin. Makanya, kertas lukis yang saya miliki paling besar A5, dan belum ada rencana untuk upgrade ke ukuran yang lebih besar, thank you very much. Rekomendasi buat sesama pelukis spaneng yang ilmunya masih cetek, bacalah buku ini dan coba melukis sesering yang kalian bisa.

 


The Splendid and the Vile adalah “nonfiksi” sesungguhnya yang saya baca untuk Nonfiction November. Yah meskipun sudah lewat tengah bulan dan belum ada tanda-tanda tamat, saya dengan bangga melaporkan kalau tiap pagi saya membaca buku ini secara lantang di depan tanaman-tanaman kesayangan saya dengan tujuan mengedukasi mereka tentang pentingnya pengetahuan sejarah. Khususnya, tentang masa pemerintahan Winston Churchill sebagai Perdana Menteri Inggris ketika negara ini berperang dengan Jerman. Melihat tanaman yang saya bacakan tiap pagi lebih subur dan rimbun dari jenis yang sama yang ditanam di seberang gedung (dalam artian, tidak mendengar dongeng saya), cukup valid untuk mengatakan bahwa pendidikan yang saya tanamkan sejak dini manjur! Maaf tidak menerima argumen lain, auto mute no debate.

 



Selain buku-buku di atas, sudah ada 1 buku yang mengantri karena kemarin baru saja rilis (setelah saya tunggu kehadirannya berbulan-bulan pasca tamat The Dragon Republic). The Burning God adalah buku ketiga (dan terakhir!) dari seri The Poppy War. Sayang sekali, saat ini pikiran saya lagi nggak pro sama fiksi, jadi mungkin bakal terbaca ketika siap. Jujur saja sih…… ASDFGHJKLJSKFSJL TAKOOOTTTTT KAKAAAA karena sudah melihat banyak yang murka sama penulisnya gara-gara buku ini. Penasaran, tapi nggak pengen tahu juga kalau tokoh-tokoh kesayangan menderita. HMPH!

 


Ada juga 2 buku yang sedang meluncur dari luar negeri. PO dari Periplus, dengan judul yang cukup meresahkan rekan-rekan kerja yang bakal melihatnya bertengger di meja kubikel. Yah harap maklum ya teman-teman, saya memang full of sunshine with a hint of murder/poison/thief spirit. Pokoknya, paket komplit!

1 comment:

  1. Dear, mau nanya..kamu kalau dengar audiobook, lewat apa? thanks

    ReplyDelete