Sunday 13 April 2014

[Book Review] The Search for Sam by Pittacus Lore

The Search for Sam (The Lost Files #4)
penulis Pittacus Lore
144 halaman, Young Adult/ Science Fiction/ Aliens
Dipublikasikan 26 Desember 2012 oleh Harper Teen

I will live.

The Lost Files merupakan novella yang melengkapi I am Number Four Series. Nah The Searh For Sam ini merupakan novella ke-4 dari seri The Lost Files. Jadi bagi yang belum baca seri I am Number Four atau seri-seri awal dari The Lost Files, lebih baik dibaca lebih dulu. Biar nggak bingung.

Buku ini menceritakan tentang Adamus Sutekh, seorang trueborn atau keturunan murni dari Mogadorian. Adam ini bukan sembarang trueborn, melainkan anak dari sang General Mogadorian. Singkatnya, karena digadang-gadang akan menjadi penerus sang ayah, Adam menjalani percobaan  penyatuan ingatan dengan jasad One. Dengan tujuan jika Adam “masuk” ke dalam ingatan One, dia bisa mengetahui informasi-informasi penting bangsa Loric dan menggunakannya untuk memburu pejuang-pejuang Loric yang masih tersisa di bumi ini.

Percobaan itu bukan hanya berhasil, tapi membuat Adam melihat kenyataan mengerikan tentang apa yang sudah dilakukan bangsanya sendiri terhadap seorang anak perempuan tak berdaya, satu dari sedikit yang tersisa dari bangsa Loric (Adam ini memang tidak seperti bangsa Mogadorian lain yang haus darah dan tanpa belas kasihan).

Oh ya, percobaan ini tidak berjalan satu arah saja. Dalam artian, One pun bisa melihat isi pikiran Adam! Yup, seolah-olah One hidup kembali. Hanya Adam yang bisa melihat dan mendengar One, dan mereka saling berbagi pikiran. Dan sejak itulah Adam berbalik mendukung kaum Loric dan diam-diam menjadi pengkhianat bagi bangsanya sendiri. Sayang, upayanya dalam menyelamatkan Two gagal. Dan saat ingin menyelamatkan Three, kedoknya terbongkar dan ia ditinggalkan dalam keadaan sekarat setelah dijatuhkan ke jurang oleh Ivanick, saudara angkatnya.

Sulit dipercaya kalau Adam masih bisa hidup, dan sejak itu ia tinggal di Kenya. Dan setelah bertahun-tahun hidup bersama One, Adam jadi terbiasa menjalani hidup yang damai sebagai sukarelawan (aku lupa persisnya apa yang dia lakukan hehe). Namun One menjadi resah karena Garde-garde (pejuang Loric) lain masih sibuk berjuang, sedangkan mereka ayik bersantai aja di sana. Jadi dia terus mendesak Adam untuk mencari para Garde tersebut.  Menggunakan segala cara untuk membujuk Adam.

Hingga suatu hari One “memudar”. Semakin sulit bagi dia untuk memunculkan diri. Jadi hanya ada satu cara bagi mereka untuk menyelamatkan One, yaitu dengan kembali ke laboratorium Dr. Anu. Keputusan itu sangat sulit bagi Adam karena dia tidak hanya dianggap sebagai pengkhianat bagi bangsanya. Bagi kaum Mogadorian, Adam sudah mati. Dan gugur dalam perang merupakan aib bagi kaum Mogadorian. Aib bagi ayahnya, yang merupakan sang General.

Tapi Adam harus menyelamatkan satu-satunya sahabat yang ia punya. Walaupun itu berarti dia harus kembali ke markas Mogadorian.


Sudah berbulan-bulan sejak aku terakhir membaca seri karya Pittacus Lore, jadi maklum aja kalau agak-agak lupa dengan ceritanya. Tapi tetep, ketegangannya kerasa banget waktu baca novella ini. Sayang sekali banyak kosa kata yang sulit dimengerti bagi aku yang belum begitu menguasai Bahasa Inggris dan membuat pengalaman membacanya jadi kurang maksimal. Tapi tetep pengen lanjut baca The Fall of Five (FYI, ternyata The Fall of Five bukan merupakan akhir dari I am Number Four Series, masih ada lanjutannya lagi yang bakal terbit tahun ini, YAY!!)

Menurutku judulnya bikin bingung ya, soalnya sampe 70% cerita, belum ada tuh tanda-tanda pencarian Sam. Ada satu orang penting yang muncul, tapi aku nggak mau spoiler :p. Menurutku sih, bakal lebih cocok kalau judulnya diganti One’s Legacy aja.

Buku ini juga menjelaskan bagaimana kaum Mogadorian bisa melacak dan menemukan Lorien dengan begitu cepat. Teknologi-teknologi yang mereka kembangkan di ruang bawah tanah…. ugh bikin merinding aja deh. Karena ada hewan-hewan buas yang mereka pelihara, hal-hal yang mereka lakukan pada tahanan, semuanya dijelaskan di seri The Lost Files ini.


Dan tetep dong yang ditunggu-tunggu adalah….. SAM!!! Aku suka sama Sam sejak lihat di film I am Number Four, gara-gara pemainnya cute XD. Rasa penasaranku sejak Four dan Nine meninggalkan dia di markas Southwest udah nggak kira-kira pokoknya *lebay*. Dan aku suka karena Adam jauh lebih berguna di sini, nggak kayak di seri The Lost Files sebelumnya yang dia masih agak penakut dan kurang percaya diri. Itu semua berkat One :”)

Aku berharap Adam bisa bertemu dan bergabung bersama Garde-garde lain di cerita selanjutnya.

No comments:

Post a Comment