Monday 25 January 2016

[Review Buku] Half-Blood (Covenant #1) oleh Jennifer L. Armentrout

Half-Blood (Covenant #1)
penulis Jennifer L. Armentrout
281 halaman, YA/ Paranormal
Rating: image
Dipublikasikan 18 Oktober 2011 oleh Spencer Hill Press

Hmmmmmmmm. Gimana caranya bikin review jujur tapi tetep ramah hmmmmmmmmmm.


Saya memulai baca ini dengan ekspektasi yang cukup tinggi karena, well…. Jennifer L. Armentrout gitu. Karyanya udah buanyak (67 buku menurut Goodreads dengan genre dan nama pena yang bervariasi) trus reader sejatinya bejibun di Tumblr. Seri andalan JLA ini emang Lux Series, tapi saya lebih milih baca seri Covenant aja soalnya sampul-sampul buku Lux Series jelek bingo bikin ngilu ngilu gitu tiap liat hahaha.

Sebenarnya ini bukan buku pertama JLA yang saya baca. Dulu pernah sekali baca YA dari dia tapi nggak cocok soalnya menurut saya ceritanya LAME sama super bosenin. Tipikal kayak author yang belum nemu “nada” nulisnya gitu menurut saya. Masih gitu-gitu aja, lempeeng sepanjang cerita.


Hmmmm. Saya nggak bakal cerita keseluruhan bukunya kayak gimana. Tapi saya cuma pengen menekankan satu hal mengenai buku ini: CERITANYA MIRIP BANGET SAMA VAMPIRE ACADEMY SUMPAH. Nggak ngerti lagi. Awal-awal saya masih agak maklum gitu, soalnya kadang legenda atau cerita paranormal berakar dari satu kisah yang sama jadi nemu beberapa “kecelakaan” itu lumrah. Tapi makin dilanjut kok makin menjadi-jadi.


Udah bukan rahasia lagi kalo Vampire Academy tuh emang keren banget, dan bahkan saya bahkan dulu sempet suka sama Dimitri sebelum versi filmnya keluar dan doi diperanin sama om-om gendut yang bikin saya bergidik. Nah, baca buku ini tuuuuh rasanya kayak membangkitkan jiwa fangirl saya sama Vampire Academy bertahun-tahun lalu dan bikin emosi karena rip-off yang dilakuin sama JLA bikin kesan saya sama Vampire Academy tuh nggak se-spesial dulu. Saya nggak terima. Saya bete.


Hal ini bikin saya inget sama Cassandra Clare yang dibully habis-habisan karena The Mortal Instrument dianggap sebagai plagiasi Harry Potter. Yaaah seenggaknya Cassandra Clare kreatif, terus dia pinter muter-muterin cerita plus gaya nulisnya bagus jadi baca novel dia yang guede-guede itu tuh rasanya kayak naik roller coaster. Ada naik turunnya.

Lah novel ini? Datar. Ceritanya udah bisa ditebak sejak awal dan penulis nggak bisa kasih penekanan yang WAH waktu konfliknya muncul. Selain itu, dialognya kaku banget kayak textbook. Nggak bisa bayangin di kehidupan nyata orang ngomong FULL kayak gitu. Bikin feel saya sama buku ini makin datar aja. Tokoh utama senang, saya biasa aja. Tokoh utama kena masalah, saya biasa aja. Tokoh utama naksir sama cowok ganteng super baik (yang nggak bisa dia miliki, tentunya), I couldn't care less



Ugh. UGGGHHHHH.

Nggak ngerti kenapa novel plagiat gini bisa sampai dipublikasi. Dan saya lebih nggak ngerti lagi kenapa saya bisa jatoh di lubang yang sama dua kali. Kan berarti saya keledai ya .-.

Jadi intinya, saya sepertinya emang nggak cocok sama JLA. Nggak klik aja antara gaya nulis dia sama selera saya. Ternyata udah publish novel bejibun nggak menjamin kualitas seorang penulis, gengs. Nulisnya masih sekelas fanfiction, dan buku ini membuktikan kalo dia nggak ragu-ragu buat make cerita yang nggak orisinil. Ini bukan pendapat subjektif saya tok lho ya, banyak banget yang mikir sama kayak saya. Ya semoga JLA makin ke sini makin kreatip ya jeng, biar plagiasi kayak gini nggak keulang lagi.


Apa saya bakal baca buku lanjutannya? Mungkin. Saya penasaran kemana JLA bakal bawa cerita ini dan beberapa orang bilang kalo buku lanjutannya bagus. Tapi kalo buat novel-novel YA nya dia, saya udah males deh. Bikin capek hati aja soalnya -,-

No comments:

Post a Comment