Friday, 20 March 2015

Sekilas tentang Goodreads dan Bagaimana Membaca Ebook dengan Mudah

Di tahun-tahun saya menjadi seorang book-blogger dan pemilik beberapa akun lain yang berhubungan dengan buku, pertanyaan yang cukup sering saya dapatkan adalah, “San, gimana sih caranya baca buku di Goodreads?" dan "Kok tampilannya gini? Mana tombol buat baca bukunya?”

Saya yakin, teman-teman bookish juga sering dapat pertanyaan seperti itu. Dan memang tidak bisa dipungkiri duluuuuuu sekali saya juga sempat mengira Goodreads adalah wadah untuk membaca buku “gratis”. Karena, tahulah.... namanya aja Good dan Reads. Wkwk. Logika aneh memang, tapi seperti itulah pemikiran saya dulu.


Nah, jadi sebenarnya Goodreads itu bisa dibuat baca buku nggak sih? Jawabannya adalah tidak. Bagi saya, Goodreads adalah sebuah situs (atau aplikasi Android) untuk memantau proses membaca. Goodreads menyediakan 3 shelves utama; To-Read, Currently Reading, dan Read. Fungsinya buat apa? Seperti namanya, tiga shelves ini digunakan untuk mengklasifikasikan buku apa saja yang ingin kita baca, sedang kita baca, dan yang sudah kita baca.

Selain tiga shelves utama itu, kita juga bisa membuat shelves sendiri sesuai preferensi. Custom Shelves ini bisa disesuaikan sama kebutuhan kita, hampir seperti kita mengatur rak buku di rumah; mana buku kuliah, mana novel, mana buku impor, di rak mana yang buku-bukunya bagus dan bakal dibaca ulang, dll, dst. Suka-suka lah pokoknya. Nantinya, shelves ini bakal memudahkan teman yang sedang membuka profil kita untuk browsing buku-buku yang sudah kita tambahkan di shelves tersebut, atau sebaliknya, memudahkan kita melihat buku-buku terkategori di shelves milik teman. Segala aktivitas/ update kita akan muncul di Home milik teman-teman yang sudah kita add/ accept (seperti Facebook), dan di sini kita juga bisa kepo sama buku apa yang lagi teman-teman kita baca dan bagaimana pendapat mereka terhadap buku itu.


Apa itu aja fungsi Goodreads? O tentu tidak. Ada banyak sekali kegunaan Goodreads yang kalau saya sebutkan satu per satu mungkin bakal bisa diterbitkan jadi trilogi buku (oke ini lebay). Intinya, Goodreads adalah tempat kita untuk “melek” buku. Karena di sini kita bisa tahu informasi tentang buku-buku yang baru terbit, buku terkece bulan ini (kita bakal dapet newsletter bulanan), dan fungsi yang paling sering saya manfaatkan, di mana kita bakal bisa tahu bagaimana pendapat teman tentang buku X melalui rating dan review di halaman buku yang bersangkutan. Saran aja nih, banyak-banyakin aja nambah teman dan follow akun yang menurutmu punya selera baca yang sealiran dengan kamu atau akun yang bacanya “rajin” hehe dan jangan lupa ajak mereka ngomong; saling berbagi pikiran dan pendapat, minta rekomendasi buku bagus, dsb. Nggak semua informasi bakal disodorkan sama Goodreads, makanya selain rajin berteman, kita harus sering ngutak-atik situs ini (btw bakal lebih maksimal kalau lihatnya dari browser dan bukannya aplikasi android). Dari Goodreads lah saya tahu buku mana yang sekiranya bagus, kapan penulis favorit saya menerbitkan buku baru, dan berbagai macam informasi yang pasti bakal repot kalo di search satu per satu di Google. 

Nah, San, terus kalau kita mau baca buku gratis itu di mana?

Wah....... pertanyaan ini sebenarnya agak menjebak hehe.

Kalau saya pribadi, membaca buku itu lebih maksimal kalau pakai ebook dan bukannya baca online, karena (1) nggak melulu butuh internet, aman deh kalau langganan lagi habis atau bokek, (2) settingnya bisa disesuaikan seenak jidat, dan (3) kalau buku di situsnya udah dihapus server karena laporan DMCA, kita udah nyetok di memory card/ ereader/ laptop. Pokoknya, timbun dahulu, baca belakangan! *kemudian dikepruk*

Ebook yang dibaca pun nggak bisa seenaknya aja. Kadang nih saya sering dinyinyirin karena sok-sokan baca ebook Bahasa Inggris, nggaya katanya. Mereka nggak tahu aja kalau ebook Bahasa Indonesia nyarinya susah setengah mati. Seperti kata orang, kita harus terpaksa dulu biar terbiasa. Beberapa tahun berjuang merem melek baca kosakata dan kalimat aneh-aneh dalam bahasa asing, saya akhirnya bisa menguasai Bahasa Inggris sedikit demi sedikit. Membaca novel berbahasa Inggris menjadi semacam terapi bagi saya yang kalo disuruh belajar malesnya minta ampun. Memang saya akui kemampuan Bahasa Inggris saya belum begitu lancar, tapi kalo misal diajak jalan-jalan di Eropa/ Amerika, insya Allah saya nggak bakal nyasar/ malu-maluin kok (ini kode, saudara-saudara).



Oke, balik lagi ke masalah ebook. Format ebook yang saya pakai bukan PDF seperti kalau kita membaca jurnal-jurnal ilmiah, melainkan EPUB. Membaca file berformart EPUB membutuhkan epub reader, yang bisa didownload di Play Store (Android) atau komputer. Untuk aplikasi yang paling saya sukai adalah Aldiko dan FBReader. Karena Epub Reader ini memang didesain untuk membaca novel, aplikasi ini punya beberapa keunggulan, yaitu:

1. Epub Reader mengingat halaman terakhir yang kita baca, nggak kayak PDF yang kalau di close dan dibuka lagi bakal selalu balik ke halaman 1. Hal ini sangat, sangatlah berguna bagi saya yang selalu pelupa ini. Semacam pembatas buku virtual gitu lah. 
2. Tampilan yang didesain seperti halnya rak buku atau perpustakaan. Nggak usah repot-repot buka folder di memory card yang pasti butuh banyak tahap dan sentuh sana-sini. Cukup buka aplikasinya dan pilih buku yang ingin kamu baca. **PS: Untuk Aldiko ebook yang ingin dibaca harus diimpor dulu. 
3. Tidak perlu zoom-zoom kalau layar device yang dipakai kecil, seperti yang kita lakukan di PDF Reader. Repot cyin. Epub Reader akan otomatis menyesuaikan font file kita. Jadi kalau menurut kita font nya terlalu kecil, perbesar aja ukurannya di setting. Ini berlaku juga ketika Rotasi Otomatis kita menyala, karena Epub Reader juga bakal ikutan menyesuaikan font di tampilan layar. Jadi mesin yang menyesuaikan, bukannya kita.
4. Kita bisa mem-bookmark line atau paragraf yang kita suka. Buat blogger seperti saya, fitur ini penting, biar linenya nanti bisa ditambahkan ke review. Btw, Aldiko tidak punya fitur ini, jadi saya bergantung sepenuhnya ke FBReader. Tampilannya seperti ini.


Bukan hanya itu saja sih keunggulannya. Rajin utak-atik aja pokoknya biar bisa nemu banyak jalan pintas tersembunyi di aplikasi ini. Kebanyakan fitur yang saya pakai juga hasil nemu pas lagi iseng. Santai aja lah, aplikasi ini gampang banget makenya. Plus nggak bakal ada spam iklan yang kadang suka ganggu karena kedip-kedip itu.

Satu hal penting nih, Aldiko dan FBReader hanyalah alat untuk membaca ebook. Kita masih membutuhkan file EPUB yang bisa diunduh di Google, tentunya sesuai dengan judul yang kita inginkan.

Nah cukup sekian saja sharing dari saya, kalau ada yang masih jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.


50 comments:

  1. eh siapa tahu ke eropanya di tempat yang nggak pakai bahasa inggris #dilemparnovel

    ReplyDelete
  2. LOL. Aku juga pernah ditanyain kayak gitu: "Gimana sih, Pan, cara baca buku di Goodreads?" #facepalm

    ReplyDelete
  3. Artikelnya sangat bermanfaat.

    http://kiospulsaku.com

    http://kakandyberbagi.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. web ebook emang apa si? please kasih tau cara download buku, aku nggak bisa caranya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya biasanya di website tuebl.ca, itu yg paling lengkap

      Delete
  5. Saya juga suka baca ebook, San..
    Dan sebagian ebook saya dibagikan di website http://downloadebookindonesia.com

    ReplyDelete
  6. dan untuk pertama kalinya saya baru tahu kalau di goodreads kita ga bisa bcca buku xD
    btw terimakasih untuk infonya

    ReplyDelete
  7. Makasih infonya,
    Jujur, dua hari ini saya puter kepala cari cara baca di goodreads. Dan setelah baca ini seolah usaha saya selama dua hari terbuang percuma, hehe malu...
    Iya San, saya sering kerepotan baca file format PDF. Secara, hape saya kecil dan otomatis tuh tulisan jadi lembut-lembut banget. Makasih buat saran file EPUB nya, nanti saya coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak senang bisa membantu. kalau baca ebook lewat Tab bakal lebih nyaman.

      Delete
  8. yah ampun jadi di goodreads nggak bisa buat baca buku? pantesan tak otak atik dari tahun2 kemarin kok ya nggak bisa2,makasih infonya.. sangat bermanfaat ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak senang bisa membantu hehe

      Delete
  9. Terimakasih untuk sharing nya.. sangat membantu, tapi saya masih belum paham, apakah goodreads bisa untuk mendownload ebook? atau hanya untuk sharing buku-buku apa saja yg telah di review orang lain saja ya? terus, kalau pakai laptop apa masih butuh aplikasi EPUB, aplikasi aldiko, ataupun FBReader?? tlg pencerahannya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Goodreads tidak bisa buat download ebook.
      2. Epub itu bukan nama aplikasi, tapi format ebook. Kalau mau baca ebook lewat laptop tetap harus aplikasi FBReader.

      Delete
  10. Ternyata ngak bisa baca langsung yahh haha, ngomong-ngomong tempat download buku yg bagus apa yahh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya tergantung dari judul apa yang dicari sih, coba utak atik keyword di google :)

      Delete
  11. Sebenarnya, di goodreads bisa baca buku :) Tapi buat buku yang udah dari sononya dibolehin :v Yang selain itu ga bisa, hehehe

    ReplyDelete
  12. Thx a lot. Sangat sangat membantu

    ReplyDelete
  13. trus ..fungsi goodreads sendiri apa yaa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibaca dengan seksama isi tulisan diatas mbak. Ada kok jawabannya.

      Delete
  14. Waduuhh untung nemu tulisan ini , hehehe goodread ga bisa buat baca gretongan ternyata

    Oiya , epub bisa di pake di hape ga ? Atau komputer aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Hape Android, iPhone, maupun komputer :)

      Delete
  15. Hihi...
    ih, baru ngeh dan yakin kalau Goodreads memang ndak bisa nampilin isi buku secara keseluruhan, ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    Terima kasih keterangannya.

    ReplyDelete
  16. wah sama. saya juga suka baca novel b.ing. dulu kalau ngak salah ada aplikasi 1000 free ebook reader. kita bisa download apa aja novel. tp ya b.inggris. tp skrng aplikasinya ud ngk brfungsi. seluruh pencinta ebook berduka.susah deh skrng kalau mau nyari ebook yg lama-lama. btw, kalau ad info situs download untuk novel harlequin harap di share ya. thank u...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku perhatikan memang akhir2 ini situs free sharing memang banyak yg dihapus atau nonaktif, mungkin karena ada laporan DCMA baik dr penulis yg bukunya disebar atau dr pembacanya sendiri.
      aku bukan pembaca setia harlequin sih kak, jadi nggak paham situs mana yang nge-sharenya hehe. kalo harlequin sepertinya lebih enak beli, apalagi yg edisi lama, biasanya didiskon banyak.

      Delete
  17. Untung da blog ini jd ga sampe pusing gara goodreads pdhl baru sign in ..trus punya info ga dimana klo mo download komik jadul kayak candy candy gitu?
    harap share ya.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya bukan pembaca komik online kak, biasanya beli itupun cuma Yotsuba series. mungkin ada yang bisa bantu?

      Delete
  18. baca ja disini http://pustaka-indo.blogspot.co.id ada ribuan ebook siap diupload...

    ReplyDelete
  19. jadi gak ada bahasa indonesia nya? T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai sekarang belum ada kak hehe

      Delete
  20. Kak klo ngubah format dari pdf ke epub itu gimana ya kak?
    Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai converter online bisa, cari aja di google banyak kak :)

      Delete
  21. Kalo download cerita dari wattpad yg udah di bukuin. Tappi nyari file pdf di googlenya ga ketemu2, tau tempat yg bagus buat downloadnya engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya bukan pembaca wattpad kak jadi nggak tau hehe, anyone?

      Delete
  22. Like what I did in the past. Awalnya emang goodreads dikira buat download, tapi bingung downloadnya gimana. Googling ternyata itu bukan buat download :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak sepertinya masih banyak yang "tertipu" hehe agak ambigu memang

      Delete
  23. Kalau mau keluar goodread gmn y cara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari web (komputer), bagian kanan atas yang ada foto profil itu di klik, nanti paling bawah ada pilihan "sign out"

      Delete
  24. Tdi sya bru dawload good reas tpi gk bsa di buka ada

    ReplyDelete
  25. Saya baru tahu fungsinya GoodReads, padahal udah lama daftarnya. Makasih banyak. :-D

    BTW, kalo di PDF Reader yang saya gunakan (Document Viewer di Ubuntu), meskipun PDF, saya tetep balik ke halaman yang terakhir kali saya buka. Sekedar info, sih.

    Kalo saya kan suka buku tentang pemrograman, sih. Saya biasanya download gratis legal di packtpub.com. Ada format PDF, ePub, dll.

    Buat cara dapet buku gratis di PacktPub, saya udah nulis tutorialnya di sini: https://haikangmus.wordpress.com/2016/10/13/packtpub-cara-mendapatkan-buku-premium-gratis-setiap-hari/.

    Promosi dikit. XD

    ReplyDelete
  26. oh gitu, saya kira bisa langsung baca gratis...

    ReplyDelete
  27. ternyata bener, goodreads bukan tempat download ya. terimakasi ulasanya
    jadi semangat baca buku kalo ada beginian, hobi yang jarang diminati orang ini semoga kita bisa menularkan semangat ini

    membangun pilar peradaban melalui hobi baca buku, tsaaah hehe

    Salam Tekun

    ReplyDelete
  28. Jadi urutanya gimana?
    1. Download EPUB?
    2. Download FBReader?
    3. Download Aldiko? Begitu???๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ
    Respon please

    ReplyDelete
  29. Sorry I'm Miena I baru register goodreads n I want to read novel Street V. then di sent or charge sms/mms perweek ,how I untuk buka n baca novel tsb ya, please for explain.tqVvM

    ReplyDelete
  30. Sorry I'm Miena I baru register goodreads n I want to read novel Street V. then di sent or charge sms/mms perweek ,how I untuk buka n baca novel tsb ya, please for explain.tqVvM

    ReplyDelete