Thursday, 27 March 2014

[Book Review] Love & Misadventure by Lang Leav


Love  & Misadventure
penulis Lang Leav
78 halaman, Poetry/ Young Adult
Dipublikasikan 26 April 2013 oleh LM

Akhirnya keturutan juga buat ikutan Posting Bareng BBI untuk Bulan Maret. Tema bulan ini adalah Oprah’s BookClub dan Puisi. Aku ambil yang puisi, karena aku penasaran dengan hype Love & Misadventure yang bertebaran di Tumblr. Dulunya pernah baca, tapi aku ngerasa kurang sreg dan ditinggal gitu aja. Kemarin terakhir ngecek di Goodreads, ratingnya 4,23. Jadi kan akunya yang mikir……..errrr is there something wrong with me?

To love him
is something,
I hold highly
suspicious.
Like having something,
so very delicious—
than being told,
to do the dishes
 

Elah. Baru juga dapet beberapa halaman. Hancur sudah chemistry yang sudah susah payah aku bangun untuk buku ini. Kalau menurutku, ini bukan puisi. Ini adalah diary anak SMA yang lagi kasmaran, dengan tempelan-tempelan istilah tinggi di sana sini. Tidak masalah menurutku kalau puisi itu tidak berima, atau kalau puisi itu abstrak. Tapi buku ini....... Boy, my brain hurts. Dan terlalu banyak space kosong di tiap halamannya. Kan boros kertas, katanya harus go green?

Satu kata untuk menggambarkan buku ini? Datar. Puisi seharusnya membuatmu merasakan "sesuatu" kan? Aku malah lebih bisa nyambung dengan puisi dari Sapardi Djoko Damono di soal-soal ujian Bahasa Indonesia waktu aku SMA, yang "aku ingin mencintaimu dengan sederhana......" itu. Indah banget menurutku puisi beliau. Sedangkan ini? Nggak ada yang bisa menandingi keakuratan gambar di bawah untuk mengekspresikan emosiku saat membaca Love & Misadventure (sambil roll eyes-roll eyes sampe mata capek), ketika aku seharusnya merasa….


Yang bikin jengkel adalah…. dulu buku ini sempat membuatku meragukan kemampuanku sendiri. Kayak…. otak dan perasaanku nggak bisa buat mencerna puisi. Sekarang aku sadar bahwa kesalahannya bukan berada di diriku. Beberapa hari yang lalu aku sempat menemukan puisi di Tumblr yang saking indah (dan sedih) sampe bikin aku nangis. Jadi, ya, sorry but this is not the book for me.


Kesannya jahat banget ya. Bukan berarti buku ini jelek loh. Lihat aja ratingnya. Mungkin aku hanyalah minoritas. Mungkin aku hanyalah butiran debu. Apalah aku dibandingkan 5000 lebih pengguna GR dan masyarakat internasyenel yang mengelu-elukan buku ini~



Before There Was You



When I used to look above

all I saw was the sky;

and every song

that I would sing,

I sung not knowing why.

All I thought and all I felt,

was only just because,

never was it ever you—

until it was all there was


6 comments:

  1. Hahaha, ngakak baca review ini.. Dicek dulu yg mengelu2kan siapa, mungkin memang beda selera aja.

    ReplyDelete
  2. Ngakak juga baca review ini :)

    Aku juga udah lama penasaran sama buku ini. Happening banget ampe sempat out of stock di Periplus. Covernya cakep lagi. Tapi...melihat review ini, err....belinya tunda ampe ada diskon aja deh.

    Mungkin dibuat ringan karena targetnya young adult kali yaa

    ReplyDelete
  3. Aku juga baca buku ini untuk posbar, pas baca puisi yang 'dishes' itu bingung awalnya, terus mikir emang ga ada kata2 lain selain itu ==a

    Pemilihan katanya emang aneh sih ini Lang Leav :v

    ReplyDelete
  4. sering liat buku ini seliweran di WW lho XD mungkin isinya nyeleneh ya... lebih untuk anak abg hihi..tapi lucu juga itu yg puisi cuci piring :D

    ReplyDelete
  5. buku yang ini kayaknya bagus ya sobat?
    saya pengin baca-cbaca lagi nih, Raras sudah lama tak membaca yang seperti ini, makasih ya kawan

    ReplyDelete
  6. Btw harga buku ini di Periplus berapa ya?

    ReplyDelete