Thursday 18 February 2016

[Review Buku] November 9 oleh Colleen Hoover

November 9
penulis Colleen Hoover
320 halaman, YA/ Realistic Fiction
Rating: image
Dipublikasikan 10 November 2015 oleh Atria Books

Sebagai pembaca yang sering ngeluh sama kualitas novel-novel Colleen Hoover, saya ini termasuk rajin juga ya membabat habis karya dia ehehehe. Karena menurut saya karya dia tuh untung-untungan. Kalau yang bagus ya jatohnya bagus bangeeet (Maybe Someday & Slammed Series). Yang biasa ya biasa aja gitu—mayan laaah buat hiburan (Hopeless & Losing Hope). Nah kalo yang jelek, bisa bikin saya misuh-misuh tiga hari tiga malam walaupun ujung-ujungnya tamat juga (Ugly Love & Confess). Mungkin ini yang dinamakan guilty pleasure sodara-sodara.



Untuk kasus November 9 ini awalnya saya sangsi. Soalnya novel ini terbit berdekatan dengan Confess, yang menurut saya “nggak banget”. Makanya baru sekarang saya berani nyicip November 9 setelah direkomendasikan oleh salah satu anak tumblr. Dan ternyata……..saya suka sama ceritanya. Secara keseluruhan, November 9 ini cheesy, tapi Colleen Hoover mampu menulisnya sedemikian rupa sehingga nggak bikin saya ngilu-ngilu gitu waktu baca.

Fallon adalah mantan artis remaja yang membintangi TV series terkenal dan terpaksa pensiun dini setelah menjadi korban kebakaran di rumah ayahnya. Kebakaran tersebut meninggalkan bekas luka yang cukup banyak di tubuhnya sehingga tidak ada rumah produksi yang bersedia mengkontrak Fallon lagi. Sang ayah, yang awalnya sangat mendukung karir anaknya, mendadak menjauh. Mereka hanya bertemu beberapa kali saja, itupun tidak pernah lepas dari cekcok.

Di salah satu pertemuan itu, sang ayah secara tidak sengaja mengungkit “kekurangan” Fallon yang menyebabkan tidak ada laki-laki yang mendekatinya lagi. Padahal sebenarnya musibah itu disebabkan oleh kelalaian sang ayah. Terlalu marah untuk meralat, Fallon akhirnya diselamatkan oleh cowok asing dari booth sebelah, Benton James Kessler, yang berpura-pura menjadi pacarnya.

“One of the things I always try to remind myself is that everyone has scars,” she says. “A lot of them even worse than mine. The only difference is that mine are visible and most people aren’t.”

Kalau saya lanjut, mungkin bakal ada spoiler kececeran. Intinya, November 9 ini adalah novel yang penuh dengan plot twist dan membuat pembaca penasaran untuk terus membalik halaman berikutnya. Nah buat kalian yang sudah baca Ugly Love, di November 9 ini ada beberapa tokoh yang muncul sebagai cameo, yaitu Tate, Miles, dan Ian. Bahkan, Ben ini adalah adik Ian.

Overall, November 9 ini seperti permen; cocok buat camilan otak. Such a page-turner book yang bisa banget buat temen bengong. Dan karena sejak awal ekspektasi saya ke novel ini sangat rendah, kerasa banget “bagusnya” ke saya. Padahal aslinya ya biasa aja hahaha.

….and comfort can sometimes be a crutch when it comes to figuring out your life. Goals are achieved through discomfort and hard work. They aren’t achieved when you hide out in a place where you’re nice and cozy.

2 comments:

  1. Akkkkk, aku suka Colleen Hoover, mau baca Maybe Someday dulu deh, semoga buku ini cepet diterjemahin juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak novel ini itungannya bagus (IMO). tapi kalo maybe someday masuknya BAGUS BANGETTTT

      Delete