Monday 2 May 2016

[Review Buku] Make Up oleh Michelle Phan

Make Up: Your Life Guide  to Beauty, Style, and Success—Online and Off
penulis Michelle Phan
240 halaman, Autobiography/ Beauty & Make Up
Rating: 5 STARRRZZZ
Dipublikasikan 21 Oktober 2014 oleh Harmony

What I do know is that makeup has become the way I express my artistry, my creativity, and my desire to share knowledge with others. But I don’t want to get all super serious about makeup because it’s something that should be fun. I’m always bummed when I meet someone and she tells me she’s intimidated by makeup. There’s no need for that! If you make a mistake or you don’t like what you’ve just applied, you wash it off and start over. Don’t you wish everything in life were like that?

Kalau kamu suka nontonin video-video berbau beauty and make up di Youtube, pasti tidak asing sama nama Michelle Phan. Saya jujur saja baru akhir-akhir ini mulai ngeh sama dunia perlenongan di Youtube. Dan sumpe deh, video-video macem begitu bikin nagih! Mulai dari make up tutorials, monthly favorite products, haul, bahkan sampai video keseharian mereka. Ludes dah jatah kuota bulan ini (dan bulan selanjutnya….. dan selanjutnya).



Michelle Phan bisa dibilang merupakan senior di Youtube. Dan karena saya baru ngeh sama dunia ini, saya nggak begitu ngikutin gimana proses dia di YouTube. Buku ini semacam jalan pintas bagi saya untuk mengenal Phan, dari mulai yang dia masih anak introvert yang kalau beli make up cuma bisa cari di keranjang returned products hingga saat yang sudah jadi CEO merek make up-nya sendiri, EM. Baca ini berasa kayak lagi nonton video di YouTube, minus kuota.


Apa yang bakal dibahas tuntas sama Michelle Phan di bukunya ini:

1. Kisah hidupnya. Perjuangan Phan untuk jadi sesukses sekarang bukanlah jalan yang instan. Dia harus bijak dalam memilih kesempatan yang ada dengan tetap mempertahankan prinsip-prinsip yang ia pegang. Ada bagian yang sempat bikin saya nangis lho (sebenarnya ini lebih disebabkan karena lagi PMS jadi perasaan adek jadi lebih sensitif dari biasanya, but that’s a different story ok?)

2. Skincare Routines. Phan menekankan berkali-kali kalau skincare routine itu sama pentingnya dengan make up, bahkan lebih! Usahakan untuk berinvestasi pada produk skincare (terutama sunscreen dan pembersih muka). Pantas saja setiap di awal-awal tutorial waktu wajahnya masih benar-benar tanpa make up, kelihatan banget sehatnya kulit wajah Phan. Jujur nih saya termasuk yang malas pakai yang krim-krim gitu karena muka berasa berat, jadi sunscreen dan lotion biasanya saya lewati. Betapa naifnya saya ini, karena masih menggantungkan diri sama kondisi muka awal duapuluhan yang masih kinyis-kinyis. Padahal kan polusi, pola makan tidak sehat, dan cuaca bisa mempercepat penuaan dini. Mulai sekarang saya akan lebih perhatian deh sama diri saya. Love your skin!

3. Make-up. Yang saya suka dari Michelle Phan adalah make up naturalnya juara, macam No-Make-Up-Make up Look gitu. Dan tutorial yang dia kasih memang sesuai dengan skintone dan bentuk wajah orang Asia. Dia tidak pernah memaksa kita untuk memakai produk merek tertentu, berbeda sama YouTubers lain yang kalau sponsored post selalu bilang “This brand is SO great, amazing, I’m in love, etc, etc.” Dia tahu kalau tidak semua merek affordable bagi penonton video-videonya, jadi dia selalu berpendapat seperti ini:

You should never feel compelled to use a product just because it exists or because someone else uses it. Use what you need and what you enjoy wearing.

Jadi jangan ragu untuk mencoba apa yang benar-benar cocok buat kita ya, ladies. Ikuti kata hati dan kata rekening sajah. #HUHUHU #dompetmahasiswa

4. Tips. OMG, I live in those magical lifehacks from professionals such as Michelle Phan. Serius deh, belajar dari pengalaman orang lain selain lebih hemat uang, bakal lebih membuka mata kita dibandingkan dulu-dulu waktu masih memandang hal-hal semacam ini sebagai sesuatu yang sepele. Tips yang diobral plus dibonusin kacang aja saya doyan, apalagi yang gratisan! GIMMEEEE!!!

….if you do a major eye look, keep the lips and cheeks neutral. Bright red lips? Be subtle with your eyes and cheeks. It’s all about the ratio. You don’t want to overwhelm your face.


Dan masih BANYAAAAAAAAK banget hal-hal mengagumkan yang saya dapatkan dari buku ajaibnya Michelle Phan. Serius deh, saya jatuh cinta sama buku ini! Pas banget sama kedemenan saya ke dunia make up akhir-akhir ini karena sangat kaya informasi baik untuk pemula maupun yang benar-benar menekuni dunia perlenongan. Gaya bahasanya mudah dicerna, chic, penuh foto-foto lucu, dan super duper memotivasi jiwa-jiwa yang malas dandan dan merawat muka macam saya #PLAK. Pokoknya mah, 5 out of 5 stars!!!

No comments:

Post a Comment